Membangun Karakter Cinta Damai

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera bagi Kita Semua

Seklumit pos Pertama Saya ini. Berkaitan dengan karakter bangsa yang sudah mulai menipis dengan dibuktikannya pertikaian, perkelahian, tawuran dan kerusuhan baik dikalangan kelompok dengan kelompok, pelajar dengan pelajar, maupun individu dengan individu merupakan sedikit kasus bahwa bangsa ini telah kehilangan karakternya sebagai bangsa yang “cinta damai”.

Belum lagi Maraknya kasus terorisme yang mengatasnamakan agama dengan dalih jihad, dari sini saya tertarik untuk mengangkat sebuah tulisan yang bertemakan tentang kedamaian meskipun singkat semoga bermanfaat.

Kata damai mempunyai arti yang cukup luas di antaranya aman, bahagia, baik, harmoni, kompak, nyaman, rukun, sakinah, salam, se-iya sekata, sejahtera, sentosa, syahdu, tenang, tentram, dan lain sebagainya.
Sedangkan dalam kamus umum bahasa Indonesia, kata damai berarti tidak bermusuhan (berselisih, berperang) dan keadaan tidak adanya permusuhan (tidak ada peperangan dan tidak ada kerusuhan).

Dalam bahasa Arab, ada beberapa kosa kata yang mengandung makna kedamaian sebagai bagian dari ajaran yang mulia, yaitu kata “al silm” atau “as salam” yang mengandung arti selamat dan damai.

Dalam penjelasan lain, As Salam merupakan sifat bagi Tuhan dan makhluk-Nya, berbeda dengan al-quddus yang merupakan sifat khusus bagi Tuhan yang Maha Esa. Tuhan adalah al muslim, yang artinya Dzat yang menyelamatkan para kekasih-Nya di hari kiamat. [QS. Al Ahzab:44], Tuhan sebagai pemberi keselamatan diwujudkan dengan menciptakan makhluk-Nya dengan sempurna, murni dari cela dan kekurangan [QS.Al Mulk:3 dan QS. Thaha:50].

Orang muslim adalah orang yang menjamin keselamatan bagi pihak lain dan tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan lingkungannya. Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa orang muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak melukai dan merugikan orang lain.
Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa orang yang tidak layak disebut sebagai seorang muslim adalah jika tindakannya merugikan orang lain, menyebar kebencian, membuat kerusuhan, kekerasan, penjarahan, penyebar teror dan merusak lingkungan.

Waallahu a’lam bishowab

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Sejahtera bagi Kita Semua